“ZIS PEDULI”, DARI UMAT UNTUK UMAT, BEKERJA CEPAT BERTINDAK TEPAT BERAMAL MANFAAT

ZISCICURUG.ORG. Segala sesuatu yang terjadi dimuka bumi ini termasuk didalamnya musibah dan bencana adalah mutlak sebuah keniscayaan yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT, terlepas dari perdebatan manusia apakah takdir itu melalui sebuah proses hukum kausalitas sebab akibat atau bahkan tidak sama sekali, sebagai orang yang beriman pasti akan meyakini bahwa takdir sudah ditetapkan oleh Allah SWT.

BACA JUGA : ZIS PEDULI SALURKAN BANTUAN KE 3 LOKASI BENCANA ALAM DI WILAYAH KAB. SUKABUMI

Akhir-akhir ini musibah datang disekitar kita hampir dalam waktu yang bersamaan, banjir bandang di sebagian wilayah Kecamatan Cicurug, Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, disusul dengan bencana yang sama di Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur dan Kecamatan Garut Selatan Kabupaten Garut, musibah lain juga terjadi di dua lokasi berbeda yaitu kebakaran rumah di perkampungan adat Cengkuk Kecamatan Cikakak dan kebakaran kios di pasar tradisional Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Diakui atau tidak, perilaku manusia tetap menjadi faktor utama penyebab suatu bencana, terutama ketika musim hujan seperti saat ini rentan dengan musibah banjir atau pada musim kemarau rentan dengan musibah kebakaran. Selain itu, perubahan iklim dan kebijakan dari pemangku jabatan juga memegang peranan dalam hal tersebut, akibat ulah dari segelintir orang yang tidak bertanggung jawab, menyebabkan orang lain yang harus menanggung resiko dan kerugian materi yang ditimbulkan baik fasilitas pribadi maupun fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya bahkan hingga jatuhnya korban jiwa.

Salah satu hikmah dari kejadian musibah dan bencana adalah untuk memberikan peringatan dan kesadaran bahwa kita sebagai manusia sangat kecil dihadapan Allah SWT, apa yang dapat dibanggakan dan disombongkan ketika musibah dan bencana menimpa kita. Hikmah yang lainnya adalah kita sebagai kholifah dimuka bumi ini harus selalu berbenah diri memperlakukan alam dan lingkungan dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW, sifat rakus dan tamak manusia dengan menghalalkan segala macam cara untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa memperdulikan kepentingan dan keselamatan orang lain mengakibatkan rusaknya alam dan lingkungan. Penebangan liar, pembakaran hutan, eksploitasi sumberdaya alam yang berlebihan, pencemaran air laut, membuang sampah dan limbah ke sungai, semua itu akan menjadi bom waktu yang siap meledak kapan pun  ketika ada pemicunya.

ZIS Peduli lahir dari gerakan Zakat Infaq Shodaqoh yang digagas oleh almaghfurlah KHR. Abdul Basith (Buya) Al-Amin Cicurug dengan prinsip khoerunnaas anfa’uhum linnaas bertujuan untuk membantu sesama yang terkena musibah bencana atau masalah sosial kemanusiaan lainnya melalui kebersamaan dan kekuatan infaq shodaqoh. Alhamdulillah berkat dukungan dan dorongan dari semua pihak khusunya para donatur, hingga saat ini ZIS Peduli terus aktif melaksanakan kegiatan walau tidak dipungkiri masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan, namun demikian ZIS Peduli akan selalu terus berusaha secara maksimal dan optimal, profesional dan transfaran dalam menjalankan amanah dan kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat.

ZIS Peduli merupakan anak program dari gerakan ZIS yang sudah lebih dulu dijalankan ditengah masyarakat melalui 5 program unggulan utama yaitu santunan kematian, pelayanan kesehatan, santunan janda jompo yatim piatu dan dhuafa, lampunisasi atau penerangan jalan umum dan menjadi motor penggerak berbagai kegiatan sosial dan keagamaan di tengah masyarakat seperti melaksanakan BAKSOS dan PHBI. Kelima program unggulan ZIS tersebut selama ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama bagi yang kurang mampu, bahkan tidak sedikit bermunculan inovasi baru dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan ZIS sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing pengelola, salah satu contoh konkrit ialah pembangunan klinik kesehatan, pengadaan mobil ambulan, pengadaan mobil truk sampah, pembuatan toiolet sampah dan pemberdayaan ekonomi seperti berdagang dan jasa penyewaan tenda.

Program ZIS Peduli kedepan tentu kita harapkan tidak hanya terpaku dan fokus dalam bidang penanganan bencana saja, namun bisa lebih dinamis mengikuti perubahan situasi dan kondisi yang berkembang tanpa merubah esensi dan substansi dari tujuan ZIS itu sendiri. Isu-isu sosial dan lingkungan bisa menjadi salah satu perhatian khusus dalam program ZIS Peduli dimasa mendatang untuk membangun kesadaran masyarakat tentang perlunya menjaga alam dan lingkungan sebagai langkah edukatif dan preventif dalam meminimalisir resiko musibah bencana dengan menjalin hubungan kemitraan multipihak dalam bentuk kolaborasi dan komunikasi yang efektif dan efisien.

Beberapa kegiatan ZIS Peduli yang telah dilaksanakan sangat besar manfaatnya untuk membantu para korban bencana baik lokal maupun lintas kabupaten dan provinsi bahkan sampai ke mancanegara seperti Rohingya. Mudah-mudahan seiring berjalannya waktu ZIS Peduli terus tumbuh dan berkembang menjadi wadah dan jembatan kepedulian umat untuk umat yang terpercaya dalam menghimpun dan menyalurkan donasi kepada sesama yang sedang kesulitan. Mudah-mudahan kita semua termasuk golongan orang-orang yang selalu diberikan kemudahan oleh Allah SWT dari setiap kesulitan baik di dunia maupun di akhirat sebagai mana sabda Rasulullah SAW dalam haditsnya “Barang siapa yang meringankan (beban) seorang Muslim yang sedang kesulitan, maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat” [HSR Muslim]. Amin Ya Rabbal Alamin

#ZIS PEDULI_CEPAT-TEPAT-MANFAAT
#ZIS_KHOERUNNAAS ANFA’UHUM LINNAAS

Admin : RUNDI DMC
Email : forumzis.kc@gmail.com
FB : forum zis kecamatan cicurug
IG : @forumziscicurug

Refresentasi Foto Kegiatan :

                        

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *