Ribuan Warga Masyarakat Cicurug Antusias Mengikuti Acara Gebyar Muharam 1441 H. Yang Bertepatan Dengan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Ke-149.

ZISCICURUG.ORG – Muharam adalah bulan pertama kalender Islam (Hijriyah) yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan, bulan Muharam merupakan salah satu bulan diantara 4 bulan lain yang dimuliakan oleh Allah SWT, bulan lain yang dimaksud diantaranya Dzulqodah, Dzulhijjah dan Sya’ban atau bulan Rajab, dimana dalam bulan-bulan tersebut disunnahkan untuk memperbanyak sedekah, berpuasa, berdzikir, bersholawat dan membaca al-qur’an, karena pahalanya sangat besar terutama 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah.

Sebagai umat islam, khusunya yang ada di wilayah Kecamatan Cicurug tentu tidak ingin melewatkan begitu saja bulan istimewa tersebut tanpa mengisinya dengan berbagai amal kebaikan sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT dan dicontohkan Rosulullah SAW, sehingga kegiatan Gebyar Muharam di Kecamatan Cicurug ditetapkan sebagai agenda tahunan yang selalu dilaksanakan oleh pemerintah Kecamatan Cicurug bersinergi dengan para alim ulama dan juga seluruh unsur komponen masyarakat yang ada didalamnya dengan melakukan berbagai acara kegiatan keagamaan dan bakti sosial.

Gebyar Muharam kali ini diadakan pada tanggal 10 Muharam 1441 H/10 September 2019 bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Sukabumi yang ke-149. Rangkaian acara kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya santunan kepada 5.581 anak yatim dan 1.685 janda jompo yang tersebar di 12 desa 1 kelurahan ditambah pasar Cicurug dengan total nilai santunan sebesar Rp. 598.485.750,- dengan sumber dana hasil sedekah masyarakat, baik secara langsung maupun yang dikoordinir dan dikelola oleh pengurus-pengurus ZIS yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Cicurug.

Kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu bakti sosial, seperti khitanan masal dengan jumlah kuota 100 anak, medical chekup kuota 50 orang dan donor darah tanpa ada batasan peserta, merupakan hasil kerjasama kolektif semua pihak antara pemerintah Kecamatan Cicurug, Forum ZIS, PC-IGRA, Puskesmas, para Dokter, IDI Wilayah III dan PMI Kabupaten Sukabumi.

Sebagai puncak acara dari kegiatan ini adalah Pawai Obor dan Istighotsah Akbar yang diikuti oleh ribuan warga masyarakat Kecamatan Cicurug dari berbagai lapisan berduyun-duyun tumpah ruah turun ke jalan dengan titik kumpul lapangan alun-alun depan Masjid Agung Al-Hurriyyah Cicurug.

Hadir dalam kesempatan acara tersebut seluruh unsur MUSPIKA kecamatan Cicurug, para alim ulama, tokoh masyarakat, Ketua Forum ZIS Kabupaten Sukabumi, Ketua Forum ZIS Kecamatan Cicurug, para Kepala Desa, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Dapil 2, berbagai organisasi kemasyarakatan dan komunitas-komunitas lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Cicurug.

Momentum tahun baru hijriyyah ini sejatinya diperingati sebagai Syi’ar Islam yang bisa membangkitkan semangat dan kecintaan terhadap agamanya juga diharapkan mampu merekatkan ukhuwah islamiyyah, ukhuwah insaniyyah dan ukhuwah wathoniyyah sehingga bisa saling bahu membahu bersatu dalam keragaman, bersama menebar kebaikan menuju Kecamatan Cicurug yang religius dan mandiri sebagaimana tema dalam acara tersebut.

ZIS “SEMILIR” Sehat, Empati, Religius dan Mandiri
ZIS “Membangun Peradaban untuk Kemandirian dan Kemaslahatan Ummat”

Admin : Rundi DMC
Email : forumzis.kc@gmail.com
FB : forum zis kecamatan cicurug
IG : @forumziscicurug

Dokumentasi Acara Kegiatan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *