POTENSI INFAQ SEDEKAH KECAMATAN CICURUG SUKABUMI MENCAPAI “3 MILYAR” LEBIH PERTAHUN

ZISCICURUG.ORG – Pemerintah dan Forum ZIS Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Senin (2/7/2018) secara bersama-sama menggelar rapat kerja dalam rangka evaluasi kinerja operator ZIS Desa & Kelurahan terkait pelaporan data ZIS secara online pasca penyerahan wakaf berupa tablet android kepada seluruh operator ZIS pada bulan Mei 2018 yang lalu bertempat di Pondok Pesantren Global Insani Mandiri (GIM), Komplek Ponpes Al-Amin, Kampung Karangsirna Desa Nanggerang Cicurug Sukabumi.

BACA JUGA “optimalkan-laporan-zis-secara-online-pemerintah-kecamatan-cicurug-wakafkan-hp-android”

Berdasarkan hasil data laporan ZIS yang masuk melalui database aplikasi ZIS online yang dikelola oleh Forum ZIS Kecamatan Cicurg terhitung sejak bulan Juli 2017 s/d Juni 2018 secara faktual telah memberikan informasi dalam menggambarkan potensi infaq dan sedekah di Kecamatan Cicurug, tercatat akumulasi penerimaan infaq dan sedekah dari warga masyarakat Kecamatan Cicurug dalam kurun waktu satu tahun sebesar Rp. 3.509.700.303 dengan total pemanfaatan sebesar Rp. 2.606.249.210.

Realisasi pemanfaatan infaq sedekah yang telah disalurkan secara spesifik diantaranya untuk biaya layanan kesehatan sebesar Rp. 970.286.809 (27,65%), santunan kematian Rp. 329.125.800 (9,38%), santunan beras untuk keluarga miskin Rp. 40.354.500 (1.15%), penerangan jalan umum lingkungan Rp. 91.225.736 (2.60%), kegiatan keagamaan Rp. 362.702.310, (10,33%) lingkungan dan sosial Rp. 467.937.210 (13,33%) program zis di tingkat desa/kelurahan Rp. 53.910.970 (1,54%) lain-lain terdiri dari biaya operasional/amilin, inventaris barang dan ATK Rp. 290.705.875 (8,28%). Total sekitar 74,26% dari infaq dan sedekah tersebut telah disalurkan masing-masing digunakan sepenuhnya untuk kepentingan dan kebutuhan warga masyarakat Kecamatan Cicurug disamping bantuan sosial kemanusiaan lainnya yang disalurkan keluar wilayah Kecamatan Cicurug.

Dari hasil evaluasi mengindikasikan bahwa data ZIS yang dilaporkan atau di input melalui aplikasi ZIS online faktanya masih banyak yang belum masuk, salah satu kendala yang dihadapi adalah belum meratanya pemahaman tentang cara menggunakan aplikasi ZIS online disamping adanya masalah struktural kepengurusan ZIS di tingkat RT/RW dan Desa yang mengalami perubahan atau pergantian dan belum berfungsi secara maksimal, tentu hal ini menjadi perhatian khusus untuk segera diatasi bersama dengan cara mengagendakan jadwal sosialisasi dan penguatan ke tiap-tiap desa dan kelurahan.

Terlepas dari itu semua, tujuan yang hendak dicapai adalah berusaha bagaimana membangun sebuah peradaban masyarakat ZIS khususnya di kecamatan Cicurug yang mampu membawa perubahan maind set terhadap diri, lingkungan dan sosialnya, bahwa gerakan ZIS sebagaimana manfaatnya selain membersihkan jiwa dan menciptakan kasih sayang juga kepedulian kepada sesama manusia serta perwujudan ketaatan kepada Allah SWT, ZIS juga dalam perkembangannya dapat dijadikan sebagai alat untuk membangun kembali peradaban dengan pengelolaan yang difokuskan pada kebutuhan dan kepentingan di masyarakat, secara kontekstual pengelolaan ZIS dapat dibagi dalam 3 dimensi, yaitu dimensi ibadah, dimensi sosial dan dimensi ekonomi dimana ketiga dimensi tersebut merupakan salah satu faktor pendukung untuk mewujdkan sebuah restorasi peradaban yang berakar kepada nilai-nilai agama sebagaimana yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Wallaahu a’lam

Admin FZKC : Rundi_DMC
email : forumzis.kc@gmail.com
FB : forum zis kecamatan cicurug

Dokumentasi Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *